Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan | Kita semua pasti tahu daun yang satu ini, daun ini berbentuk melebar dan sedikit membentuk jantung, daun apakah yang saya maksud? Yaitu daun sirih. daun sirih ini memiliki pohon yang dapat tumbuh hingga sekitar 15 meter, melilit atau bertopang pada dahan kayu ataupun benda lainnya. Daun sirih ini akan mengeluarkan aroma yang khas, tidak seperti daun-daun pada tumbuhan lain pada umumnya.

Sejak zaman dahulu, jenis daun ini sudah di gunakan oleh para leluhur kita untuk berbagai macam kebutuhan, sebab daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat di gunakan untuk kebutuhan kesehatan manusia.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Pada sebagian suku di Indonesia, batak misalnya, mereka selalu membiasakan untuk mengkonsumsi daun sirih tersebut dengan cara mengunyah daun sirih tersebut dengan tambahan bahan lain seperti gambir, kapur dan pinang. Masyarakat yakin dengan rajin mengkonsumsinya maka gigi-gigi mereka akan selalu sehat dan kuat dan terhindar dari gigi yang berlubang, terbukti dengan golongan orang-orang yang sudah lanjut usia namun masih memiliki gigi yang lengkap.
Selain manfaat tersebut, berikut ini akan saya urai kembali beberapa khasiat dan manfaat daun sirih yang lainnya yang wajib untuk anda ketahui untuk menambah wawasan kita semua.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan


  1. Manfaat dari Daun sirih yang pertama yaitu dapat mengobati penyakit demam berdarah, cara nya yaitu dengan merebus daun sirih tersebut kemudian meminumkan air rebusan tersebut kepada si penderita demam berdarah, mudah-mudahan dapat menyembuhkan penyakit nya, sebab daun sirih memiliki kandungan zat yang dapat mematikan kuman penyebab demam berdarah.
  2. Mengobati luka bakar, ternyata daun sirih juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk meregenerasi jaringan dan lapisan kulit. Cara penggunaan nya juga sangat mudah, cukup panaskan daun sirih tadi hingga layu, kemudian tempelkan pada luka bakar tersebut.
  3. Mengobati keputihan,di samping manfaat di atas ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati keputihan pada wanita serta bau yang tidak sedap pada kemaluan wanita. Cara penggunaan nya juga lumayan mudah, cukup rebus beberapa lembar daun sirih tadi, kemudian air nya di saring dan di minum kan leh penderita keputihan, selain itu air rebusan tadi juga dapat di gunakan untuk membersihkan kemaluan wanita yang mengalami keputihan tersebut.
  4. Mengobati mimisan, seperti nya untuk manfaat yang satu ini kita semua sudah tau. Jika ada di antara keluarga kita atau bahkan diri kita sendiri yang mengalami mimisan ataupun keluar darah dari hidung, maka dapat segera di obati dengan daun sirih ini, yaitu dengan cara menggulungkan selembar daun sirih tadi dan memasukkan nya ke lubang hidung yang mengalami mimisan, mudah-mudahan mimisan pun akan segera berhenti.
  5. Memperlancar haid, selain berkhasiat untuk mengobati keputihan pada wanita seperti pada poin ke 3 di atas, ternyata daun sirih juga sangat bermanfaat untuk memperlancar haid. Cara untuk mengkonsumsi nya juga sama seperti cara di atas, yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih tersebut dan meminum air rebusan nya.
Demikian artikel kali ini yang mengambil tema mengenai Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat kami lainnya di Ternukil Blog ini.
Terimakasih.
Klik Share Postingan ini